.
Diberdayakan oleh Blogger.

Yonex-Sunrise Badminton Asia Junior Championships

Diposting oleh fridotyas-blog Jumat, 03 Desember 2010


Yonex-Sunrise Badminton Asia Junior Championships akan diselenggarakan di Stadium Juara, Bukit Kiara, Kuala Lumpur. Dengan pertandingan ini, Malaysia menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya. Ajang pertarungan antar pebulutangkis junior se-Asia ini berlangsung dari 15 Juli 2007 sampai dengan 22 Juli 2007. Kejuaraan tim bulutangkis campuran yang berusia di bawah 19 tahun, akan diadakan dari tanggal 15 - 18 Juli 2007 dan akan segera diikuti oleh kejuaraan individu berusia di bawah 19 tahun dari tanggal 18 - 22 Juli 2007.

Karen Koh, salah satu pihak berwenang BAC mengumumkan bahwa kejuaraan internasional ini akan dihadiri oleh 27 negara. 21 negara dalam ajang bulutangkis beregu campuran, dan 27 negara akan berpartisipasi dalam ajang individu. Yonex-Sunrise Badminton Asia Junior Championships pertama kali diadakan pada tahun 2001 di Manila.

Ketika diperkenalkan pertama kali, Yonex-Sunrise Badminton Asia Junior Championships sebenarnya adalah pertandingan khusus untuk individu, bukan pertandingan beregu, bagi pebulutangkis yang usianya masih di bawah 19 tahun. Atas permintaan anggota Badminton Asia Confederation (BAC), kali kedua ajang internasional ini diselenggarakan, diadakanlah pertadingan untuk regu bulutangkis putra dan regu bulutangkis putri. Pertandingan beregu ini merupakan ajang tambahan selain ajang individu tersebut.
Pertandingan beregu ini rupanya memiliki kelemahan tersendiri, sebab beberapa negara kesulitan membentuk tim putri, sehubungan dengan kurangnya pebulutangkis putri yang berkelas internasional. Dari sinilah lahir sebuah ide kompetisi beregu campuran. Format ini sama seperti format beregu campuran yang digunakan pada piala Sudirman.

Ajang beregu campuran merupakan sebuah tim yang terdiri dari tunggal putri, tunggal putra, sepasang ganda putra, sepasang ganda putri, dan sepasang ganda campuran yang berasal dari satu negara. Seorang pebulutangkis dilarang bermain di lebih dari dua pertandingan, misal: seorang tunggal putri tidak boleh merangkap bertanding di ganda putri dan ganda campuran sekaligus. Tim campuran ini akan berhadapan dengan tim campuran lainnya. Kemenangan sebuah tim tergantung berapa banyak dari anggota tim yang mampu mendapatkan kemenangan ketika berhadapan dengan tim lain. Itu artinya, yang memperoleh kemenangan minimal 3 partai, itulah tim yang menang.

Untuk ajang kejuaraan individual, tiap negara boleh memasukan 4 orang tunggal putra, 4 orang tunggal putri, 2 pasang ganda putra, 2 pasang ganda putri, dan empat pasang ganda campuran. Sistem kemenangan pertandingan individu tergantung performa masing-masing, bukan performa pebulutangkis lain yang masih satu negara dengannya.

Awalnya, Yonex-Sunrise Badminton Asia Junior Championships 2007 akan diselenggarakan di Kuala Lumpur Badminton Stadium (KLBA), namun, Badminton Association of Malaysia (BAM) memindahkan ajang ini ke Stadium Juara dalam rangka mempromosikan stadium tersebut. Perpindahan ke stadium yang berkapasitas 1000 penonton itu telah disetujui oleh BAC pada hari Senin, 9 Juli 2007. Ini adalah kejuaraan internasional pertama yang pernah diselenggarakan di Stadium Juara.

Sumber : www.badmintonasia.org/