.
Diberdayakan oleh Blogger.

Catatan Penting dalam Bulutangkis

Diposting oleh fridotyas-blog Jumat, 03 Desember 2010


Peristiwa apa yang paling menggemparkan dunia bulutangkis? Jawabnya adalah kejadian dalam Pekan Olahraga Kekuatan Baru Ganefo-Games of the Emerging Forces pada tahun 1963 di Jakarta, ketika tim bulutangkis Tiongkok kali pertama mengalahkan tim Indonesia yang pernah merebut gelar juara dunia, dan menyingkirkan Eropa Utara dengan angka 34 lawan 0.
 
Jika sudah dirilis September 2009 nanti, film Tan Joe Hok bakal menjadi biopic atau biographical pictures alias film biografi yang bertemakan olahraga (bulutangkis) pertama dan satu-satunya di dunia..
Klub Pusaka Jakarta, klub bulutangkis tempat berlatih Tan Joe Hok dan Tutang Djamaluddin, di tahun 1950-an, kini sudah berubah jadi tempat pemotongan ayam.
Bulutangkis atau badminton adalah satu-satunya olahraga menggunakan raket di dunia yang bolanya terbuat dari bulu unggas.
Walaupun sudah melalui proses kualifikasi di setiap zona di seluruh dunia, namun negara-negara seperti Cina, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Malaysia, Denmark, dan Swedia yang selalu menjadi peserta "tetap" kejuaraan Piala Thomas dan Uber dari tahun ke tahun.
Ketua Komunitas Bulutangkis Indonesia (KBI) Tan Joe Hok, didampingi sejumlah atlet dan mantan atlet bulutangkis seperti Liem Swie King, Ivana Lie, dan Verawati Fadjrin, pernah menghadap Ketua MPR Amien Rais untuk meminta pemerintah mencabut peraturan yang mewajibkan warga keturunan mendapat Surat Bukti Kewarganegaraan Republik Indonesia (SBKRI). Akhirnya, menjelang Imlek 2003, aturan itu benar-benar dicabut.

Sumber : Buku Pintar Bulutangkis. perpustakaan sman gaul